4 Anggota DKD Kaltim, Ikuti Pelatihan Keprotokolan Tingkat Lanjutan Kwarda Kaltim dan Diskominfo Kaltim

Samarinda, DKD NEWS,– Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Daerah Kalimantan Timur Ikuti Pelatihan Keprotokolan Tingkat Lanjutan yang digelar oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur 9 s.d. 13 Juli 2024 di Gedung Kwarda Kaltim Jl. Moh. Yamin No.06, Kota Samarinda.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur Kak Drs. H. Fachruddin Djaprie, M.Si., akan dihadirkan lebih menarik dari pelatihan sebelumnya dengan materi-materi lanjutan untuk memperkaya keilmuan dan pengalaman para peserta yang juga berasal dari Pelatihan Tingkat dasar pada tahun 2022 dan 2023.

Dalam sambutannya, Kak Djaprie sapaan akrabnya, berharap para peserta yang berasal dari 8 dari 10 Kwarcab di Kaltim yang mengikuti Pelatihan Lanjutan kali ini, benar-benar dapat mengaplikasin ilmunya di daerahnya masing-masing.

“Kami berharap, setelah kembali ditempa pada tingkat lanjutan ini, seluruh peserta akan kembali kedaerahnya masing-masing dan menjadi pelopor keprotokolan baik di gugusdepan maupun kwartirnya masing-masing.” ungkapnya.

Pelatihan Keprotokolan Tingkat Lanjutan Tahun 2024 ini dipimpin oleh Kak Hj. ratnawati, S.Pi., M.I.Kom. yang diamanahkan oleh Pusat Pendidikkan dan Pelatihan Daerah (PUSDIKLATDA) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur Menjadi Pimpinan Kursus kali ini dengan total 41 siswa.

Selain materi pelatihan oleh Tim Pelatih, Pelatihan ini juga menghadirkan Narasumber dari luar, yang tentunya berkompeten dibidangnya untuk menambah pengetahuan serta lifeskill dari peserta pelatihan ini.

4 Anggota DKD Kaltim tidak ketinggalan untuk dapat meningkatkan kecakapan mereka dalam dunia Keprotokolan dengan mengikuti tingkat lanjutan ini. Diantaranya yang mengikuti ialah Kak Jusni Ananda Fitri (Bendahara), Kak Saudah, A.Md. Farm. (Kepala Bidang Kajian Kepramukaan), Kak Muhammad Alfi Hidayat, S.Sos. (Anggota Bidang Pembinaan dan Pengembangan) dan Kak Rakan Thariq Ashilla (Anggota Bidang Kegiatan).

Dari mengikuti segala proses penilaian dan tugas yang telah ditunaikan oleh seluruh peserta, Kak Saudah berhasil keluar sebagai peserta terbaik 1 yang diumumkan pada acara penutupan dimalam terakhir. 3 Anggota DKD lainnya mendapatkan hasil memuaskan dengan menjadi lulusan dengan hasil sangat baik pada pelatihan ini.

Kegiatan Pelatihan seperti ini diharapkan dapat menjadi wadah peningkatan SDM Gerakan Pramuka untuk menjawab tantangan serta problematika yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan khususnya Keprotokolan yang melekat dalam kegiatan kepramukaan. (DKD/Mv)

Sumber : DKD Kaltim